Sabtu, 22 Oktober 2016

Motor 2 TAK VS Motor 4 TAK


Image result for vespa racing
Nama : Rahmat aziz kuncoro
Kelas  : 3IC09
NPM   : 2C414905

MOTOR 2 TAK


Untuk mendapatkan 1 kali tenaga hasil dari pembakaran gas, motor 2 tak ini memerlukan 2 kali gerakan piston naik dan turun, dengan sekali putar poros engkol Dimana penjelasannya yaitu:

– TAK 1 : proses masuknya gas, pemampatan dan pembakaran gas (piston bergerak dari TMB menuju TMA)
– TAK 2 : proses kerja, kompresi karter, buang dan cuci/bilas (piston bergerak ke bawah, TMA menuju TMB)
Selanjutnya jika kita lihat atau kita tinjau dari jenis bahan bakar yang digunakan dan juga konstruksi silindernya anda bisa lihat detailnya dibawah ini :
  1. Untuk penggunaan bahan bakarnya biasanya selalu campuran maksudnya adalah bensin yang di campur dengan oli, baik secara langsung (langsung di masukan ke dalam tangki bensin atau pun yang cara terpisah (ada tempat oli samping)
  2. Motor 2 tak biasanya tidak memiliki katup,nah sebagai penggantinya maka motor 2 tak ini menggunakan red valve untuk mengatur masuknya gas ke dalam ruangan cylinder.
  3. Pada bagian mesin khususnya pada setiap piston hanya mempumyai 2 buah ring yaitu ring compressi I dan ring compressi II.
  4. Lanjut , pada bagian mesin juga pada setiap cylindernya memiliki 2 macam compressi yaitu compressi cylinder (primer) dan carter(sekunder)Kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada motor 2 tak
    a. Keuntungan
    1. Untuk Proses pembakarannya yaitu  terjadi setiap putaran poros engkol, sehingga putaran poros engkol lebih halus untuk itu putaran lebih rata.
    2. Motor 2 tak umumnya tidak memerlukan/tidak memiliki  katup selain itu komponen lebih sedikit, perawatan lebih mudah dibandingkan dengan 4 tak , serta spartpart kalau ada yang rusak biayanya lebih relatif murah
    3. Momen puntir untuk putaran lanjutan poros lebih kecil sehingga menghasilkan gerakan yang halus
    4. Motor 2 tak jika dibandingkan dengan motor 4 tak , biasanya untuk power atau tenaga yang dihasillkan lebih besar di banding motor 4 tak walaupun dengan kapasitas mesin motor yang sama.
    b. Kerugian /Kekurangan
    1. Langkah masuk dan buang lebih pendek maksudnya adalah saat kita mengoper gigi 1 ke gigi 2 biasanya jarak napasnya lebih pendek dari pada motor 4 tak, sehingga terjadi kerugian langkah tekanan kembali gas buang lebih tinggi
    2. Karena pada bagian silinder terdapat lubang-lubang, timbul gesekan antara ring piston dan lubang akibatnya ring piston akan lebih cepat aus.
    3. Karena lubang buang terdapat pada bagian silinder maka akan mudah timbul panas
    4. Putaran rendah sulit diperoleh
    5. Kemudian motor 2 tak selalu menggunakan oli pelumas(oli samping) dan juga besin campuran untuk bahan bakar yang digunakan 


MOTOR 4 TAK 


Untuk perbedaan pada motor 4 tak  di lihat dari sudut cara kerja mesin  diantaranya yaitu
    Image result for motor 4 tak
  1. Untuk mendapatkan 1 kali tenaga hasil dari pembakaran gas, diperlukan 4x gerakan piston naik dan turun dengan 2 kali putaran poros engkol. Penjelasannya yaitu:
    – TAK 1 : Gerak isap (piston bergerak dari TMA menuju TMB)
    – TAK 2 : Gerak kompresi/pemampatan (piston bergerak dari TMB menuju TMA)
    – TAK 3 : Gerak tenaga (piston bergerak dari TMA menuju TMB)
    – TAK 4 : Gerak Buang Sisa Pembakaran (piston bergerak dari TMB menuju TMA) Ditinjau dari jenis    bahan bakar yang dipakai dan konstruksi silinder
Kemudian kalau dilihat dari bahan bakar yang digunakan kemudia konstruksi silindernya bisa dilihat dibawah ini :
  • Biasanya untuk motor yang menggunakan mesin 4 tak , untukBahan bakarnya menggunakan bensin murni/pertamax murni (tidak dicampur seperti motor 2 tak)
  • Pada bagian setiap cylindernya umumnya motor 4 tak ini memiliki 2 buah atau 4 buah katup
  • lanjut pada bagian Cylindernya ,umumnya motor 3 tak yaitu hanya memiliki 1 macam compressi yaitu compressi cylinder
  • terakhir pada bagian setiap piston biasanya motor 4 tak memiliki 3 buah ring diantaranya yaitu : ring compressi I, ring compressi II, rong oli. Ketiga ring tersebut sangat berperang penting dalam membantu pelumasan pada piston.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar